Caracekterkini.net

Cara Pakai Kartu eToll dan eMoney untuk Tol Luar Kota

Cara Pakai Kartu eToll dan eMoney untuk Tol Luar Kota – Kartu e-Toll atau kartu Mandiri eMoney adalah kartu elektronik dengan fungsi sebagai alat pembayar biaya masuk jalan tol di sejumlah ruas tol di tanah air. Dengan kartu e-Toll ini dianggap lebih efisien daripada membayar uang tol secara manual yang selama ini banyak dilakukan. Kartu eToll sendiri berlaku untuk semua ruas jalan tol baik dalam kota maupun luar kota. Di dalam kartu eToll tersebut sudah terdapat saldo yang otomatis berkurang saat digunakan membayar biaya tol.

Pemerintah sendiri memberlakukan dua sistem jalan tol meliputi sistem terbuka dan sistem tertutup. Sistem terbuka berarti pengguna langsung membayar ketika melalui pintu tol. Sistem tol terbuka disebut juga dengan Gerbang Tol Otomatis (GTO). Sementara sistem tertutup yaitu pengguna mengambil tiket dulu di pintu tol masuk untuk kemudian membayarnya saat di pintu tol keluar. Cara pakai kartu eToll dan eMoney untuk tol luar kota maupun dalam kota hampir sama saja.

Baca Juga:  Cara Menambah/Mengurangi Daya Listrik PLN Secara Online

cara menggunakan e toll card di gto

Cara Pakai Kartu eToll dan eMoney untuk Tol Luar Kota

Bagi yang masih kesulitan bagaimana cara pakai kartu eToll saat memasuki pintu tol bersistem tertutup, berikut sedikit penjelasannya. Siapkan kartu eToll, saat berada di pintu masuk tol segera tap kartu tersebut ke reader machine atau mesin pembaca yang sudah tersedia. Akan keluar pada layar data mengenai kartu eToll tersebut, selanjutnya pintu palang atau automatic lane barier (ALB) membuka.

Tarik kartu eToll dari reader machine dan simpan di tempat yang mudah supaya ketika berada di pintu keluar tol tak kebingungan mencarinya. Pengguna dengan kartu eToll tidak usah mengambil (tiket) atau Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) sebab transaksi kartu eToll akan gagal. Bila gagal maka pengguna mesti membayar biaya tol tersebut secara tunai di pintu exit. Demikian juga jika saldo eToll tak cukup untuk membayar biaya, otomatis kartu eToll akan berfungsi layaknya KTME sehingga mengharuskan pengguna membayar cash. Saat di gerbang keluar, berikan kartu eToll ke petugas yang akan membantu transaksi lalu mengembalikannya kembali ke pengguna. Pengguna pun akan diberikan kertas bukti transaksi.

Baca Juga:  4 Cara Repost Video di Instagram Paling Mudah

Kecuali bisa dipakai sebagai alat pembayaran di tol Jabodetabek, kartu eToll pun berlaku untuk tol Palikanci, Semarang, Surabaya, Medan dan Bali. Dan tak cuma untuk membayar biaya parkir, kartu eToll atau eMoney pun bisa digunakan untuk membayar tiket bus Transjakarta, Trans Jogja dan Batik Solo Trans. Lalu juga untuk membayar tiket Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) dan uang parkir dari Secure Parking, Quality Parking sekaligus juga bisa untuk membeli BBM di SPBU Pertamina.