Caracekterkini.net

Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan Paling Mudah

Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan – Setiap peserta BPJS Kesehatan harus melunasi iuran wajib setiap bulan sesuai kelas rumah sakit yang dipilih saat pendaftaran. Bila peserta dari perusahaan umumnya iuran sudah dibayarkan oleh pihak perusahaan maka untuk peserta mandiri (wirasawasta atau lainnya) harus aktif membayar setiap bulan. Batas akhir pembayaran ini yaitu tanggal 10 setiap bulannya. Terlambat bayar maka sesuai ketentuan kepesertaan akan nonaktif.

Meskipun kini denda keterlambatan membayar tak ada lagi, namun bila menunggak hingga berbulan-bulan tentu akan memberatkan dan peserta belum bisa lagi memperoleh manfaat dari asuransi BPJS Kesehatan ini. Lebih-lebih lagi saat ini untuk pembayaran iuran ini harus dibayar untuk satu keluarga sehingga menunggak beberapa bulan saja pasti nominalnya akan besar. Lalu bila peserta mandiri ini lupa sudah berapa bulan ia menunggak, bagaimana cara mengetahui total tagihan tunggakan BPJS Kesehatan?

Cara Cepat Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan

Cara mengetahui total tagihan tunggakan BPJS Kesehatan ternyata tak harus datang ke kantor setempat sebab kini sudah hadir layanan online-nya. Langkah yang harus dilakukan peserta untuk membayar tagihan BPJS secara online yakni pertama masuk ke website resmi BPJS Kesehatan dengan alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Setelah loading sempurna maka peserta akan disajikan halaman untuk pengisian beberapa data yaitu : Nomor Kartu BPJS, tanggal lahir dan kode validasi sesuai dengan yang nampak di layar.

Baca Juga:  2 Pilihan Cara Cek Saldo BPJS/Jamsostek Paling Mudah

Apabila data-data tersebut sudah dilengkapi, klik tombol Cek. Layanan ini akan memprosesnya dan hasilnya akan ditampilkan di halaman selanjutnya yang memuat : Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis peserta, Jumlah anggota keluarga, data tagihan, denda, total tagihan sekaligus keterangan tanggal terakhir pembayaran bisa dilakukan.

Langkah tadi kecuali untuk keperluan pengecekan jumlah tunggakan iuran, sekaligus juga dapat dijalankan untuk mengetahui nomor peserta anggota keluarga bila kartu BPJS Kesehatan yang dipegang ternyata hilang. Kemudian fungsi lain yaitu memastikan status pembayaran maupun mengecek status kepesertaan memang aktif atau malah non aktif. Apabila peserta ternyata mempunyai tunggakan otomatis status kepesertaan nonaktif, sebaliknya apabila tak mempunyai tunggakan maka status kepesertaan adalah aktif.